Bagaimana Mengatasi Memory Penuh di Oppo Yoyo? - Blog Safriadi Lamba

Hot

Post Top Ad

Tuesday, February 17, 2015

Bagaimana Mengatasi Memory Penuh di Oppo Yoyo?


Saya termasuk orang yang suka update berita gadget. Kalau orang lain tiap hari browsing dan baca berita ekonomi atau politik, saya selalu mencari kolom tekno. Salah satu situs favorit saya gsmarena. Saking seringnya memantau situs ini, kawan-kawan sering mengandalkan saya untuk diajak temanin mereka beli hape atau cuman tanya tentang hape. Mereka pikir saya ini sales toko hape!. Kalau dihitung-hitung sampai sekarang sudah 10 orang lebih yang ngajak saja ke toko hape temanin mereka beli, katanya bawa kawan yang ngerti biar tidak ditipu. Hohoho. Serasa jadi bodyguard saja. Ohya, bantuan ini gratis, free of charge, tanpa biaya, iklas kawanin dan 100% hobi. Namun sebagian ada yang traktir ngopi. Lumayan, gratisss.

Dari tahun 2006, semenjak menggunakan symbian, saya sudah mulai senang utak atik aplikasi hape. Sekedar dowload dan install di hape sendiri hingga bantuin install apps di hape kawan. Ingat, ini 100% hobi. Dulu saya ingat, aplikasi paling sering saya install di hape kawan ber-OS symbian atau java itu browser opera mini, mp3 player ber-ikon kucing dan kamus pd indonesia english. Tiga aplikasi itu adalah aplikasi terpopuler masa jamannya. Selain itu, saya juga sering format hape yang sudah terkena virus symbian jaman dulu yang tersebar lewat bluetooth. Jaman-jaman kejayaan symbian nokia dulu, saya juga suka buat tema dengan aplikasi python theme builder dan CarbideUI. Di situs zedge, jaman itu tema saya adalah juga lumayan terkenal,dan sekarang masih bisa dilihat di situs zedge hahah pamerrr. Jadi kangen masa-masa lalu.

Ohya, kembali ke cerita awal, biasanya kalau yang ngajak saya nemanin mereka beli hape, pasti hubungi saya kalau hape mereka ada masalah. Mereka pikir saya teknisi! Kalau saya bisa memperbaikinya pasti saya bantu, tapi kalau saya tidak bisa, saya sarankan cari orang lain sang ahlinya. Ohya, kemarin ada kawan, nanya tentang, "Bagaimana mengatasi memory internal penuh di hape oppo yoyo? Padahal aplikasi nya tinggal sedikit". Setelah ditelusuri, ternyata ini memang penyakit smartphone Oppo.

Oppo sekarang sangat terkenal di daerah saya, mungkin karena hapenya bisa dibanting, dengan casing 'antipecah' nya. Tapi harganya lumayan mahal, setara dengan Samsung. Salah satu, seri terlarisnya Oppo yoyo. Oppo seri ini dibekali memory internal 4GB, namun hanya 2 GB sekian yang bisa digunakan pengguna karena selebihnya digunakan dalam sistem bawaan, ini hal biasa seperti hape android lainnya. Namun, sedikit masalah, secara bawaan, memory internal Oppo yang sisa ini dibagi kedalam dua bagian, yaitu 'phone storage' dan 'system storage'. Bagian penyimpanan sistem ini cuman diberikan jatah 1 GB, dan bagian ini digunakan untuk menyimpan instalan aplikasi. Disinilah masalahnya muncul, bagian memory 'system' untuk meginstal aplikasi ini terasa sangat sedikit. Pengalaman kawan saya, dia hanya menginstall beberapa aplikasi saja, sudah muncul notifikasi 'memory internal full' karena memory sistem ini yang sudah penuh. Jadi, gimana mengatasinya??? Salah satu cara mudah adalah membawa Oppo yoyo tersebut ke Service Center Oppo terdekat untuk install ulang rom terbaru. Setelah proses ini, pembagian memory 'phone storage' dan 'system storage' tadi sudah digabungkan sehingga tempat pemasangan aplikasi sekarang sudah lebih lega, menjadi 2 GB. Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.

13 comments:

  1. Thanks bro.. Ini sangat membantu

    ReplyDelete
  2. sama ada cara alternatif lain gan untuk hape oppo yoyo, tinggal ganti partisi di setting > more > switch partition
    nanti disana ada petunjuknya kalau mau mengganti partisi

    ReplyDelete
  3. sama ada cara alternatif lain gan untuk hape oppo yoyo, tinggal ganti partisi di setting > more > switch partition
    nanti disana ada petunjuknya kalau mau mengganti partisi

    ReplyDelete

Post Top Ad