Mengatasi Flasdisk 'Read Only' Gara-Gara Virus - Blog Safriadi Lamba

Hot

Post Top Ad

Tuesday, September 20, 2016

Mengatasi Flasdisk 'Read Only' Gara-Gara Virus


Berawal dari permintaan sobat dekat saya untuk memperbaiki flashdisknya yang bermasalah. Flashdisk tersebut tidak dapat di kirim file alias tidak bisa menyimpan file baru namun data yang sudah tersimpan di dalam flashdisk masih bisa dibuka. Flashdisk itu juga tidak dapat diformat, menu format tidak berfungsi. Tanpa pikir lama, saya mengambil flashdisknya dan bilang ke dia "Saya coba perbaiki kalau rusak tidak ditanggung iya ;-)". Dia pun bilang "Sip, oke, silahkan bereksperimen ria ya, aku masih punya flashdisk lain kok". Dengan semangatnya, setelah mendapatkan restu dan lampu hijau dari empunya flashdisk saya mulai otak atik itu flashdisk. 

Karena ilmu saya masih secuil, awalnya saya pikir flasdisk tersebut terinveksi virus dan bisa diatasi dengan scan virus. Setelah saya scan virus dengan beberapa antivirus, flasdisk tersebut masih bermasalah seperti semula. Kemudian saya coba googling dan mendapatkan beberapa petunjuk, flashdisk dengan kondisi status "READ ONLY" bisa diatasi dengan beberapa cara, menghapus file pengunci read-only via regedit atau format flashdisk via safe mode command prompt. Saya pun mengikuti 2 tips tersebut, dan dua-duanya tidak berhasil. Terus googling dan tidak patah semangat, saya memperoleh informasi lagi rupanya tidak semua flashdisk yang bermasalah seperti ini mempan dengan 2 tips diatas. Selain itu, banyak pengguna flashdisk dengan masalah yang sama pasrah dan merelakan penyakit flashdisk tersebut.

Setelah memeras otak akhirnya saya mengambil jalan terakhir yaitu flashing, Flashing atau install ulang driver flashdisk akan menghapus semua isi flashdisk. kebetulan karena status flashdisk read-only dan fitur copy-paste dari flashdisk ke laptop masih bisa. Jadi saya bisa membackup dulu data-data penting dalam flashdisk ke laptop.

Untuk Flashing sebuah flashdisk, kita harus mengetahui nama merek dan seri dari flashdisk kita. Flashdisk kawan saya yang bermasalah tadi adalah HP v260b. Berhubung flashdisk ini termasuk tipe keluaran baru walau gak baru-baru amat, jadi masih sangat mudah menemukan beberapa dukungan di situs resmi HP/PNY termasuk aplikasi flashing nya. Untuk format flashdisk tadi saya menggunakan Software USB Flash Driver Format Toll (Ufix-II).

Penggunaan Software USB Flash Driver Format Tool (Ufix-II) sangat mudah:

  1. Tancapkan flashdisk yang bermasalah di usb port laptop/PC
  2. Buka Software USB Flash Driver Format Tool (Ufix-II)
  3. Pilih nama drive flashdisk yang ingin diformat di "Control Disk"
  4. Klik "Recover" tunggu sekitar 2 menit, dan berhasil. Flashdisk kamu sudah berhasil di format seperti baru.

Akhirnya Flashdisk sobat saya bisa digunakan lagi. Saya sangat senang bisa bantu sobat dan dapat ilmu baru.

3 comments:

  1. WAYANGPOKER, Agen Poker & Domino QQ Online Tanpa Robot ~

    4 PERMAINAN DALAM 1 WEBSITE
    Poker - DominoQQ - BandarQ - Bandar Poker
    COMINGSOON : Bandar Sakong.
    Permainan 100% fair play ( Player vs Player ) No Bot & Admin !!!

    Segera daftarkan diri anda dan sobat-sobatmu untuk bermain di wayangpoker, klik link berikut untuk mendaftar : https://goo.gl/pTxQ7g ☆

    ReplyDelete
  2. Happy Saturday para member setia ANAPOKER, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua informasi untuk kalian yang mau bermain game poker online dengan mudah yang bisa kalian mainkan di genggaman kalian,bukan sekedar bermain game saja akan tetapi kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dalam bermain poker ini, jadi untuk kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan kalian bisa mencoba permainan ini dan dapatkan kemenangannya sekarang juga hanya bersama kami AGEN POKER TERPERCAYA SE-INDONESIA .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    ReplyDelete

Post Top Ad